Penyakit Herpes | Jenis Penyakit Herpes

Advertisement
Penyakit Herpes - Waspadai jika muncul bintil-bintil berasa perih dan panas di area tubuh tertentu. Mungkin itu adalah herpes, agar tidak lebih parah kenali lebih jauh herpes dan cara mengatasinya. Penyakit herpes selama ini dikenal sebagai penyakit yang muncul akibat aktivitas seksual yang tidak bertanggungg jawab. Padahal herpes tidak selalu akibat aktivitas seksual yang tidak sehat. Sebab herpes penyakit kulit yang bisa menyerang siapa saja, bahkan bayi sekalipun. Penyakit herpes sebenarnya merupakan bentuk lain dari penyakit cacar, tapi banyak juga yang menyebut ini sebagai dompo atau cacar ular. Herpes merupakan peradangan kulit yang ditandai oleh bentukan gelembung-gelembung berisi air secara berkelompok. Biasanya menyerang kulit dada atas sampai punggung, rongga mulut, pelupuk mata bagian dalam dan bagian genital.


Penyakit herpes dibedakan jadi 2 kelompok, yaitu:
jenis penyakit herpes

1. Herpes zoster
Herpes ini disebabkan kembali aktifnya virus varicella-zoster yang menyebabkan cacar air. Virus ini tetap bersembunyi dalan tubuh dan bisa aktif lagi jika kondisi tubuh menurun. Penyakit ini umumnya menyerang area dada setinggi jantung sampai kepunggung. Bentuknya melingkar seperti ular dari depan (dada) sampai kebelakang (punggung), karena itu sering disebut cacar ular.

jenis penyakit herpes
2. Herpes simpleks
Herpes ini disebabkan virus herpes simpleks (VHS) yang ditandai dengan munculanya tonjolan kulit berisi cairan dan menyerang area genital. Herpes inilah yang digolongkan sebagai penyakit menular seksual, sebab penyakit ini penularanya melalui hubungan seksual.

Beberapa gejala yang dirasakan sebelum tonjolan di kulit muncul, yaitu sakit kepala dan merasa tidak enak badan. Selain itu juga terasa nyeri di area tubuh yang terkena herpes disertai demam. Setelah ada gejala-gejala tersebut, kemudian muncul bintil-bintil atau tonjolan-tonjolan kulit berisi cairan. Bintil ini biasanya gatal dan ada hasrat untuk menggaruk. Letak bintil tersebut berdekatan atau berkelompokdan tidak menyebar keseluruh tubuh seperti cacar air. Herpes ini termasuk penyakit menular, penularanya bisa lewat udara bebas dan kontak langsung dengan penderita.
Advertisement

2 komentar:

PENYAKIT SIFILIS mengatakan...

kita harus berhati-hati dengan penyakit ini

alat kesehatan mengatakan...

Thanks good articles you can find in the net explaining everything in detail regarding the topic. I thank you for taking your time sharing your thoughts and ideas to a lot

Artikel Yang Berhubungan



Posting Komentar