Ternyata Video Game Juga Bisa Menyehatkan

Advertisement
Ternyata video game yang selama ini mendapat predikat negatif di mata orang tua kebanyakan kini tak lagi terbukti. Sebab Nintendo Wii yang memiliki konsep permainan baru yang mengharuskan pemainnya melakukan gerak tubuh yang dapat mengucurkan keringat sehingga terbukti menyehatkan.

Sebuah riset dari American Heart Association (AHA) menunjukkan bahwa beberapa game olahraga yang terdapat dalam Wii, seperti Wii Fit Series, ternyata mampu membuat gamer mengeluarkan banyak energi seperti halnya olahraga sungguhan.

"Gerakan dalam olahraga virtual ini cukup mudah dilakukan. Bahkan permainan ini bisa menjadi tahap awal yang menyenangkan untuk mulai membiasakan diri berolahraga," tutur Motohiko Miyachi dari AHA.

Dalam studi tersebut juga ditemukan bahwa sepertiga dari seluruh aktivitas dalam game seperti Wii sport, dan Wii fit mampu mengeluarkan energi lebih dari 3.0 MET. MET (Metabolic Equivalent Values) adalah sebuah metode standar untuk estimasi pengeluaran energi.Sebuah permainan dari Wii yaitu single-arm stand dinilai yang paling efektif karena menghabiskan sekitar 5.6 MET. Selain itu permainan tinju Wii juga mengeluarkan energi yang cukup banyak yaitu sekitar 4.5 MET. Permainan olahraga tangan lain seperti Wii Tennis dan baseball mampu mengeluarkan energi sebanyak 3.0 MET, dan yang paling sedikit adalah Wii Golf yang hanya mengeluarkan 2.0 MET.


Miyachi berpendapat bahwa semakin sering seseorang bermain game ini maka gamer akan dapat mencegah penyakit jantung karena seringnya bergerak.
Advertisement

0 komentar:

Artikel Yang Berhubungan



Posting Komentar