Cara Meningkatkan Memori Otak Atau Daya Ingat

Advertisement
Setiap orang pasti ingin mempunyai daya ingat yang bagus, terlebih untuk para pelajar yang harus mengingat semua pelajaran sekolah yang telah didapatkanya. Apalagi untuk orang yang sudah cukup tua, pasti mereka megalami penurunan daya ingat. Tahukah kamu bahwa laki-laki dan perempuan memiliki isi otak yang berbeda-beda.Beberapa penyakit terkait dengan memori seperti Alzheimer atau demensia yang membuat seseorang kehilangan memorinya. Untuk itu ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam membantu meningkatkan memori otak atau daya ingat seseorang.

 







Beberapa cara meningkatkan memori atau daya ingat, yaitu:

1.Mengunyah permen karet
Berdasarkan hasil dua penelitian yang dilaporkan dalam jurnal Appetite tahun 2002 dan 2004.
Dalam studi ini, orang yang mengunyah permen karet selama tahap pembelajaran tes tertentu memberikan hasil yang lebih baik. Kondisi ini kemungkinan karena mengunyah permen karet dapat meningkatkan denyut jantung yang kemudian meningkatkan aliran darah ke otak.

2.Latihan atau berolahraga
Selain menjadikan tubuh sehat dan kuat, latihan atau olahraga juga bisa meningkatkan memori atau daya ingat pada otak kita. Bahkan dengan mengurangi beberapa kalori di dalam tubuh bisa membantu seseorang mengingat dimana ia meletakkan kunci.Olahraga yang dilakukan tak perlu mahal atau berat, tapi dengan berjalan kaki, naik tangga atau bersepeda bisa menjadi penambah ingatan yang lebih baik dibanding tidak sama sekali.


3.Kafein
Meskipun banyak yang memperdebatkan keuntungan dan bahaya dari kafein, tapi tidak ada yang bisa membantah efek kafein terhadap kewaspadaan dan penambah memori. Berbagai studi yang dilakukan dalam 5 tahun terakhir menunjukkan kafein dapat meningkatkan memori atau daya ingat jangka pendek dan melindungi perempuan dari kehilangan memori.Agar bisa mendapatkan manfaat yang optimal dari kafein, usakahan untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang aman dan tidak berlebihan agar terhindar dari efek negativ kafein


4.Tidur siang

Setiap orang pasti pernah mengalami tidihan pada waktu tidur, tetpi ada manfaat lain dari tidur terutama waktu tidur siang. Yaitu bisa meningkatkan memori deklaratif (memori yang berguna untuk menyimpan fakta-fakta). Jika sudah bekerja keras seharian, jangan ragu untuk tidur siang sejenak. Tapi pastikan untuk tidak tidur lebih dari 45 menit, hal ini untuk menghindari tidur yang terlalu dalam sehingga menghilangkan manfaatnya bagi memori.
Advertisement

0 komentar:

Artikel Yang Berhubungan



Posting Komentar