Cara Mengobati Sariawan

Advertisement
Mengobati sariawan mungkin bisa membantu anda yang sedang mengalami sariawan. Secara normal sariawan memang bisa sembuh sendiri dalam waktu 4-6 hari. Namun bukan berarti sariawan tidak perlu dirawat.

obat sariawan

Cara mengobati sariawan, yang bertujuan untuk mengurangi rasa sakit:

1.Berkumur dengan obat kumur atau air garam
Berkumur dengan obat kumur yang mengandung antiseptik atau air garam hangat bisa mengurangi rasa sakit akibat sariawan. Cara bekumurnya harus cepat , yaitu masukan sekitar 5 mliliter obat kumur atau air garam hangat kedalam mulut. Diamkan obat kumur atau air garam tersebut selama 10 menit.

2.Salep cairan khusus
Olesi sariawan dengan salep atau gel oles khusus sariawan, misalnya lidokain, benzokain. Salep tersebut berfungsi sebagai anastesi lokal untuk meredakan rasa sakit. Cairan khusus, seperti policresolen (albothyl) kosentrat juga bisa di oleskan, karena obat tersebut bersifat hemostatik lokal dan kauter. Namun jangan mengoleskan cairan albothyl pada yang baru terjadi, karena bisa menyebabkan luka sariawan semakin melebar. Sebaiknya gunakan albothyl pada taraf penyembuhan.

3.      3.Tempeli daun sirih
Caranya, lumatkan daun sirih kemudian tempelkan pada sariawan. Daun sirih akan membunuh kuman-kuman yang ada di mulut, sehingga membantu mempercepat kesembuhan sariawan.

4.Hindari penyebab
Menghindari penyebab sariawan juga akan mempercepat kesembuhan sariawan. Misalnya, menghindari makanan yang panas dan pedas.
Advertisement

2 komentar:

Anonim mengatakan...

sangat membantu sekali, kesalahan sy saat sariawan kecil sudah sy oles dg albotyl, hasilnya makin hari makin melebar.

nomor 81 mengatakan...

blog yg menarik dan smoga byk yg mengunjungi..:) terima kasih

Artikel Yang Berhubungan



Posting Komentar