Kulit Ketiak Menghitam | Penyebab Ketiak Hitam

Advertisement
Penyebab Ketiak Hitam - Tampilan kulit yang lebih hitam ketimbang bagian kulit sekitarnya memang hal yang wajar. Namun bila warna hitamnya sangat kontras dengan warna kulit lainya, tentu membuat kaum perempuan tidak pede. Dengan tampilan ketiak yang hitam, tentu kaum perempuan akan berusaha menyembunyikan bagian tersebut. Kondisi lebih gelapnya ketiak berbeda-beda pada masing-masing orang, tergantung pada jenis kulitnya. Pada mereka yang kulitnya putih, ketiak yang menghitam warnanya akan terlihat kontras dengan warna kulit asli. Sedang pada mereka yang kulitnya sudah gelap, tentu bagian ketiaknya akan terlihat lebih gelap lagi.

penyebab ketiak hitam

Tetapi ada beberapa faktor lain penyebab ketiak hitam, antara lain:
1. Hormon
Yaitu meningkatnya hormon estrogen dan progesteron, bisa menyebabkan ketiak terlihat lebih hitam. Hal itu bisa terjadi pada wanita yang sedang hamil, perubahan itu tampak diawal kehamilan hingga akhir masa kehamilan.

2. Kegemukan
Kegemukan atau berat badan yang berlebih bisa membuat ketiak terlihat hitam, karena kemungkinan kulit untuk saling bergesekan lebih besar. Semakin sering terjadi gesekan, tentu kulit bagian ketiak juga akan semakin gelap.

3. Bahan kimia
Bahan kimia seperti merkuri yang terkandung dalam deodoran jenis roll-on bisa menyebabkan ketiak jadi hitam. Begitupun dengan deodoran yang mengandung akhohol, yang bisa menyebabkan iritasi, sehingga terjadi hiperpigmentasi, yang menyebabkan ketiak hitam. Tetapi kalau yang dipakai deodoran hanya berbahan tawas, mungkin bisa memutihkan ketiak. Karena yang menyebabkan ketiak hitam adalah campuranya seperti pewangi atau pewarna.

4. Mencabuti bulu ketiak
Tindakan mencabuti atau mencukur bulu-bulu ketiak juga bisa menyebabkan kulit ketiak jadi lebih gelap. Tindakan waxing untuk membersihkan bulu-bulu ketiak juga bisa dilakukan, tapi harus di perhatikan bahanya karena bisa meenyebabkan iritasi pada kulit.

5. Goresan blus
Goresan akibat blus yang terlalu ketat hingga menekan kulit juga bisa menyebabkan kulit ketiak menghitam.

6. Kelainan kulit
Kelainan kulit acanthosis nigricans juga bisa menyebabkan kulit ketiak jauh lebih hitam. Kelainan tersebut ditandai dengan penebalan kulit, disertai warna kulit jadi jauh lebih gelap dari sekitarnya.
Advertisement

1 komentar:

memutihkan ketiak alami mengatakan...

keren nih infonya. thx ya :)

Artikel Yang Berhubungan



Posting Komentar