Faktor Penumbuh Rambut

Advertisement
faktor penumbuh rambut

Pertumbuhan rambut dipengaruhi beberapa faktor. Faktor penumbuh itu antara lain:
1.       Hormon
Hormon yang mempengaruhi pertumbuhan rambut adalah androgen, estrogen, tiroksin dan kortikosteroid. Kondisi hormon ini harus seimbang, sebab bila salah satu hormon jumlahnya berlebih dapat menyebabkan masalah. Misalnya hormon androgen berlebihan pada pria, ini akan menyebabkan pertumbuhan rambut lebih cepat pada janggut, tapi di kepala justru mengalami kebotakan. Sedangkan pada perempuan, hormon androgen menyebabkan hirutisme. Yaitu penebalan rambut di daerah tertentu layaknya laki-laki.
2.       Vaskularisasi
Peredaran darah yang baik akan mengedarkan nutrisi serta oksigen keseluruh tubuh, sebab pertumbuhan rambut juga membutuhkan oksigen. Peredaran darah yang baik dapat diperoleh dengan olahraga teratur, sehingga pasokan nutrisi serta oksigen akan terpenuhi dengan baik. Jika sudah demikian rambut akan tumbuh sehat.
3.       Nutrisi
Asupan nutrisi juga akan berpengaruh pertumbuhan rambut. Nutrisi yang berpengaruh adalah protein, sebab kekurangan protein akan menyebabkan rambut menjadi kusam dan kering. Begitu juga dengan vitamin B12, asam folat dan zat besi yang bila tidak tercukupi akan menyebabkan rambut rontok.
Advertisement

0 komentar:

Artikel Yang Berhubungan



Posting Komentar