Cara Mengobati Bibir Yang Bermasalah

Advertisement

cara mengobati bibir bermasalah
Kulit bibir lebih tipis ketimbang kulit wajah atau tubuh, oleh karena itu kita harus berhati-hati dalam merwat bibir. Selain itu kulit bibir juga beregenerasi lebih cepat ketimbang kulit tubuh lainya, yaitu setiap 24 hari. Beberapa cara untuk mengobati permasalahan bibir adalah:
1.       Mengolesi pelembab
Agar senantiasa lembab, olesi bibir dengan pelembab bibir. Seperti lip balm, petroleum jelly setiap hari. Akan lebih baik jika pelembab bibir tersebut mengandung UV protection atau sunscreen yang bisa melindungi bibir dari sinar matahari. Agar lebih efektif, oleskan pelembab bibir pada malam hari sesaat sebelum tidur. Sebab, pada malam hari tidak ada sinar matahari sehingga mengurangi kekeringan.
2.       Scrubbing
Scrubbing atau pengangkatan sel-sel kulit mati dan kotoran juga harus dilakukan pada bibir. Namun scubbing tidak boleh terlalu kasar agar tidak semakin merusak bibir. Bahan paling mudah untuk mengangkat sel kulit mati adalah pasta gigi, oleskan pasta gigi pada permukaan bibir menggunakan cotton bud agar tetap steril sehingga tidak memperparah masalah bibir. Setelah itu gosok bibir secara perlahan selama 2 menit menggunakan sikat yang bulunya paling halus. Ini akan mengelupas sel kulit mati dan merangsang regenerasi kulit. Sebaiknya hindari pasta gigi berbentuk gel, karena teksturnya terlalu halus, sehingga tidak bisa mengangkat kotoran dengan maksimal. Lakukan seperlunya jika ada kulit bibir yang terkelupas agar tidak malah melukai kulit bibir dan menyebabkan iritasi.
3.       Kompres dengan handuk hangat
Handuk hangat juga bisa digunakan mengangkat sel-sel kulit mati. Tetapi cara itu harus digunakan secara hati-hati, karena bulu handuk relatif kasar, sehingga dikhawatirkan bisa melukai bibir. Karena itu handuk hangat lebih cocok digunakan mengompres saja.
4.       Memijat
Memijat bisa melancarkan peredaran darah pada permukaan bibir. Gunakan bahan-bahan khusus yang bisa melembabkan dan menutrisi permukaan bibir. Gunakan bahan alami seperti madu, minyak kelapa, susu, mentega, gel aloe vera, mawar atau bubuk seduhan teh yang bisa membantu melembabkan kulit bibir sekaligus menenangkan.
5.       Perbanyak minum
Kelembaban permukaan bibir sangat bergantung pada cadangan air dalam tubuh. Maka, perbanyak konsumsi air putih untuk menjaga kelembaban bibir. Usahakan minum air putih 2 liter atau 8 gelas setiap hari.
6.       Konsumsi makanan bervitamin
Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, B, C dan E bisa membantu mengatasi masalah bibir. Vitamin ini bisa didapatkan dari sayuran hijau, buah-buahan, telur, ikan, daging, kacang-kacangan, telur atau susu.
7.       Bersihkan bibir
Bersihkan bibir dengan pembersih bibir khusus, sebelum dan sesudah memakai kosmetik bibir. Cara ini bertujuan untuk membersihkan bibir dari debu dan sisa-sisa kosmetik, sehingga bisa memaksimalkan hasil dari perawatan yang dilakukan.
8.       Olesi hydrocortisone
Masalah bibir seperti pecah-pecah bisa diatasi dengan hydrocortisone, tapi penggunaanya sebaiknya dibawah pengawasan dokter. Hydrocortisone digunakan untuk mengurangi peradangan pada bibir.
Advertisement

0 komentar:

Artikel Yang Berhubungan



Posting Komentar